Tanaman Hias Beracun Paling Mematikan di Seluruh Dunia

Di belahan dunia manapun, selalu ada tanaman yang bentuknya indah dan cantik dilihat oleh mata. Namun ada beberapa tanaman hias beracun yang mampu memisahkan nyawa manusia dari raganya dalam waktu sekejap saja. Karena itu perlu tindakan super hati-hati jika bertemu dengan tanaman itu. Berikut ini adalah daftar tanaman hias paling beracun yang harus selalu diwaspadai.

Winter sweat

Winter sweat merupakan tanaman yang mudah tumbuh di daerah Afrika Selatan. Tumbuhan ini selalu mengeluarkan aroma wangi pada bunganya. Selain itu buahnya juga memiliki rasa yang sangat nikmat untuk dimakan. Sedangkan daunnya digunakan sebagai obat herbal.

Tetapi apabila ada bagian tubuh yang kena getahnya dapat menimbulkan dampak yang sangat fatal. Dalam waktu yang singkat, jika tidak mendapat pertolongan manusia akan mati akibat racun dari getah tersebut. Oleh masyarakat setempat, getah tanaman ini sering dioleskan pada bagian ujung panah kemudian digunakan untuk berburu binatang.

Strychnine tree

Jenis tanaman hias beracun kedua adalah Strychnine tree yang bisa ditemukan di daerah Asia Tenggara dan India. Buahnya yang berwarna oranye mirip jeruk mandarin, sehingga sangat bagus dijadikan tanaman hias di taman-taman terbuka.

Tetapi jangan mudah tertipu dengan warna buah yang sangat menarik tersebut. Bijinya punya kandungan brucine dan alkaloids strycine yang sangat beracun. Hanya dibutuhkan sekitar 30 mg saja dari kedua kandungan tersebut untuk menimbulkan kematian. Sebelum tewas terkena racun, biasanya terjadi kejang-kejang karena ada stimulasi ganglia sensor di tulang belakang.

Water Hemlock

Water hemlock merupakan tanaman yang berasal dari keluarga wortel dan tumbuh di daerah Amerika Utara. Bunganya berwarna putih dan selalu terlihat cantik jika sedang mekar. Tetapi apabila ada orang yang terkena getahnya maka hanya ada satu macam saja jawabannya, tewas kehilangan nyawa.

Getah tumbuhan ini mengandung racun berbahaya yang dinamakan zat cictoxin. Bagian yang paling sering memproduksi racun tersebut adalah akarnya. Jika ada bagian tubuh yang terluka lalu terkena getah tersebut, susunan syaraf langsung mengalami kerusakan parah. Setelah itu disusul kejang-kejang dan akhirnya meninggal dunia.

White Snake Root

Tidak berbeda dengan Water Hemlock, tanaman hias beracun berikutnya yaitu White Snake Root juga tumbuh di kawasan Amerika Utara. Warna bunganya juga sama-sama putih namun memiliki kandungan racun yang lebih dasyat dan mematikan yaitu racun tremotol.

Racun tersebut memang tidak bisa mematikan manusia secara langsung namun melalui media makanan atau minuman yang sering dikonsumsi manusia misalnya susu sapi. Binatang ternak sapi yang biasanya suka memakan tanaman White Snake Root bisa memunculkan racun pada daging dan susunya. Apabila daging dan susu tersebut masuk ke tubuh manusia, maka dalam jangka tidak lama langsung tewas begitu saja.

Castor Plants

Dari sekian banyak tanaman hias beracun yang ada di seluruh dunia, Castor Plants dianggap sebagai tanaman nomor satu paling membahayakan. Bahkan rekor ini sudah tercatat di dalam buku Guiness Book of The Record. Kemampuannya untuk membunuh serta menghilangkan  sangat luar biasa cepatnya.

Kandungan racunnya yang dinamakan ricin dapat menimbulkan sensasi terbakar yang sangat panas di organ tenggorokan dan mulut. Selain itu bisa membuat perut jadi mulas, lalu disusul dengan diare hingga puluhan jam. Setelah itu penderitaan yang teramat menyengsarakan ini akan berujung pada kematian.

Sampai sekarang belum ada teknologi kedokteran yang mampu menanggulangi dampak dari tanaman hias beracun sekaligus mematikan tersebut. Tetapi di California, Castor Plants masih sering dijadikan media untuk mempercantik taman di halaman rumah.

Sebagai tambahan rekomendasi budidaya tanaman dengan cara hidroponik bisa di pelajari di situs sistemhidroponik.com. Disitus tersebut di jelaskan secara detail dari dasar tentang tanaman hidroponik dan teknik menanamnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

55 + = 65